Berita

Perkebunan Kopi Karanganyar, Ngopi Sembari Mengenal Sejarah dan Wisata Alam
February 15, 2015
Post Title

Di tempat ini masih berdiri dengan kokoh sejumlah bangunan bersejarah semasa kejayaan perkebunan kopi peninggalan kolonial Belanda pada tahun 1876. Salah satu bangunan yang paling menarik adalah bangunan berbentuk benteng yang kini berubah menjadi kafe.

Di area perkebunan ini juga ada kamar bersejarah milik sang Proklamator yaitu Bung Karno. Di kamar itu terdapat tempat tidur Bung Karno, foto, dan beberapa buku karya Bung Karno. Kamar tersebut kerap digunakan oleh presiden pertama Indonesia ini ketika singgah ke perkebunan.

Selain menyuguhkan keindahan bangunan-bangunan klasik, Perkebunan Karanganyar juga memanjakan pengunjungnya dengan unsur-unsur budaya. Di tempat ini terdapat sanggar yang memainkan gamelan serta lantunan tembang-tembang Jawa. Perkebunan ini juga memiliki agenda budaya tahunan yang tak boleh terlewatkan, yakni ritual petik kopi atau Manten Kopi.

Perkebunan ini juga terdapat tiga museum yakni, museum pusaka, museum purna bakti, dan terbaru museum mBlitaran. Selain itu, di tempat wisata ini juga dilengkapi wahana bermain buatan.

Misalnya, wahana motor ATV, airshoftgun, minicros, outbond, playground, dan jeep keliling kebun.

Letak perkebunan ini cukup strategis karena berada tak jauh dari Kawasan Wisata Penataran dan sejalur dengan beberapa destinasi wisata Blitar utara lainnya. Jadi Sahabat Sporto yang ingin ngopi sembari mengenal sejarah dan menikmati petualangan alam bisa mencoba destinasi wisata yang sedang hits ini.